Jumat, 08 April 2016

Mengenal Sejarah Imam Mahdi dan Tanda-Tanda Kemunculannya

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang Sejarah Imam mahdi –  arti nama Imam Mahdi dalam bahasa arab artinya Seseorang yang memandu. Imam mahdi adalah seorang muslim yang berusia muda yang akan dipilih oleh Allah untuk memusnahkan semua kejahatan dan akan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum hari kiamat datang.diceritakan bahwa imam mahdi merupakan seorang yang jujur serta orang yang kaya raya namun menggunakan hartanya untuk kemaslahatan umat.
Kelahiran imam mahdi merupakan suatu yang tidak bisa kita pungkiri. Menurut pendapat para ahli tentang sejarah Imam Mahdi as. Imam mahdi lahir pada tanggal 15 Sya’ban 255 atau 256 H saat malam jum’at. Imam mahdi merupakan anak dari Imam Hasan al-‘Askari dengan Narjis, Shaqil. Imam mahdi dilahirkan di Sammira sebuah kota besar yang terletak di Irak yang pada zaman bani Abbassiyah menjadi kota kerajaan.
Dan berita bahwasannya kelak akan datang juru adil sebelum datangnya hari kiamat telah disampaikan oleh Rasulullah SAW. Dan hampir semua ulama menyatakan bahwa hadist ini mencapai muttawattir. Beberapa hadist yang menceritakan tentang sejarah imam mahdi diantaranya sebagai berikut :
  1. Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu
Nabi besar Muhammad SAW bersabda bahwa Allah akan mengutus seorang laki laki dari keluarga nabi yang namanya sesuai dengan nama nabi, dan nama ayahnya seperti nama ayahnya nabi dan akan memenuhi bumi dengan keadilan yang mana sebelum datangnya imam mahdi  telah banyak terjadi kedzaliman dan kerusakan di muka bumi.
  1. Dari Abu Sa’id Al-Khudri
Rasulullah SAW bersabda bahwasannya imam mahdi merupakan orang yang memiliki dahi lebar, ia memiliki hidung yang mancung dan akan memimpin bumi selama tujuh tahun untuk menegakkan keadilan.
  1. Dari Abu Hurairah
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda bertanya bahwa bagaimana jika nanti anak Maryam akan turun ke bumi
Demikian pembahasan tentang sejarah Imam Mahdi. Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang sosok imam mahdi yang kelak akan datang untuk menegakkan keadilan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys